Resep Umpan Ikan Mas II


UMPAN PELET, pelet disini bukan berarti kita memelet ikan agar kecantol sama kita seperti yang para dukun lakukan. Setelah posting sebelumnya mengenai umpan aci / cenil / ongol-ongol (bahan dasar sagu) sekarang saya kembali memberikan sedikit referensi hasil karya dan experiment umpan pelet dari teman-teman di blog, forum mancing dan beberapa hasil karya anak-anak empang untuk memancing dasar ataupun lomba pada kelas mancing di empang (air tawar). Ok langsung aja menuju TKP gan…!
  1. Umpan Jadul: Andaru

    Bahan bahan :
    1. Ubi telor ( yg kecil kecil warna putih)
    2. Belut atau nila kira kira 1/2 kg
    3. Telor bebek ( kuningnya aja) 2 Butir
    4. Mie instan 1 pak

    Cara pembuatan:
    a. Kukus Ubi Dan belut/nila selama kurang lebih 1jam lalu ubinya diparut ambil yg masirnya aja dan buang tulang dan kepala belut/nila.
    b. campur dengan telornya lalu kasih mie instan yg sudah di remas halus.

    Tips : kemarin gw coba lg tp di totol kroto hasilnya top markotop.

  2. Kudu cobain: Wahyu

    1. Ubi madu Cilembu 1 kg.
    2. 10 tongkol jagung muda.
    3. Ubi kayu (perekat) 200 gr.
    4. Wafer Tanggo vanila 80 gr.
    5. Keju Cheddar setengah blok.
    6. 2 butir kuning telur bebek (rebus)
    7. kinoy super 1 bks kecil/katulampa (pilih salah satu)
    8. essens pandan secukupnya.
    9. kroto bersih 200 gr

    cara membuat :

    1. no. 1,2, dan 3 parut halus lalu bungkus dengan allumunium foil lalu kukus + 15 menit atau hingga matang.
    2. selagi masih hangat keluarkan adonan tadi dan campurkan dengan keju parut cheddar.
    3. setelah dingin ambil tanggo... liatin... tumbuk halus (remas-remas selagi masih terbungkus) dan campurkan.
    4. campurkan dengan telur kuning bebek rebus... aduk hingga rata.
    5. terakhir campur deh kinoy/katulampa...
    6. terakhir bayangkan kalau anda ikan mas... dan pakai perasaan anda sebanyak apakah essens pandan yang ditambah kedalam adonan.
    7. sebelum dipakai, campurkan dengan kroto, DAN...
    8. ANDA SIAP MANCING IKAN MAS

    syarat wajib:
    selalu bungkus rapat adonan dalam plastik agar rasa umpan tetap terjaga.

  3. Umpan si Pemalas I dari Giriwil

    Ane mau sumbang saran ajah. Umpan 100% kroto. Bagus buat harian ama lomba ikan mas. Tapi.... tapi.... :

    1. Kolamnya kudu bersih dari mujaer, sepat, lohan ama biawak yah tiga mahluk yg pertama termasuk teroris bagi umpan inih
    2. Kolamnya engga terlalu lebar krn kalo terlalu lebar... more than 6m... akan agak susah ngelempar ke tengah.

    Bahan2:
    1 ato 2 ons krotoh (telur ama semutnya yg masih putih ajah) dulu 1ons Rp.6.000... skr gak tau brp? maybe 8rb? sorry gak tau krn dah lama gak gak mancing harian
    1 lembar daun pandan

    Caranya: Kukus seluruh krotox + daun pandan di dalam plastik. kira 10'-15' biasanya dah mateng.

    Praktek:
    1. Saat akan mancing jgn lupa berdoa sesuai dgn agama dan keyakinan masing2
    2. Duduk di kursi/dingkli'en, jgn jongkox krn dijamin bakal kesemutan
    3. Tancebin bbrp telur/semut yg dah mateng ke kail.
    4. Cast to the hot spot
    5. Pelototin pelampung
    6. Selanjutnya.............. terserah ikannya dong

    PS: Kebetulan waktu pake umpan ini ane beberapa kali ikut lomba harian, ikan super + rame merelakan dirinya masuk korang... trus yg super mangap2 nyuruh ane kasir.

  4. Bam Gdar aka Bambang

    Umpan beraroma amis

    Biasanya umpan beraroma amis cenderung penggunaanya dengan beraroma amis, bisa dr ikan (deho dll) ditambah campuran2 umpan yg lain

    Contoh menggunakan umpan amis:
    - 3 sendok tepung beras rose brand (bahan utama juga buat umpan)
    - 1 kotak kara or santan murni ((bahan utama juga buat umpan))
    - Keju parut (bahan utama juga buat umpan)
    - Telur Bebek / telur ayam kampung 2 s.d 4 btr...ambil kuningnya
    - deho (dlm kaleng), ikan tongkol, or ikan tuna (bahan utama juga buat umpan)
    - Kroto (selalu ada, karena ikan mas suka sekali dengan bahan ini)
    - Kinoy (pengeras) bisa menggunakan mie yg di blender menjadi bubuk
    - 1 Susu Dancow/susu murni 1 kotak kecil (bahan utama juga buat umpan)


    Cara pembuatan :
    1. 1 kotak Kara di masak + sedikit air sampai menggumpal membentuk pasta putih (sampai kelihatan minyaknya) dingginkan
    2. Siapkan bahan campurannya : telur bebek/ayam (kuningnya) dikocok dan dicampurkan tepung beras rose brand 3 sendok, keju parut, dan susu murni (1 kotak kecil) or dancow sascet (1 sascet)...aduk sampai merata...
    3. Cuci dan masukan kroto ke dlm air panas...sedu sebentar dan masukan krota yg sudah di rebus ke dlm campuran td
    4. Siapkan deho / ikan tongkol (ambil daging putihnya) or ikan tuna dan rebus sebentar dng air panas...(catatan:minyaknya jng dibuang)


    Langkah terakhir adalah :
    Campuran yg diatas td (no. 1,2) dimasukan kedalam satu plastik kiloan dan dicampur dengan kroto (3)..dikukus dengan api kecil waktunya :1/2 s.d 1 jam dan dinginkan.
    - Bila mau loma dimulai...campurkan bahan no. 4 dengan umpan yg telah jd dan siap dicoba umpan ini...smoga berhasil...!!

    Umpan Aroma Wangi

    Bahan :
    - 3 sendok tepung beras rose brand (bahan utama juga buat umpan)
    - 1 kotak kara or santan murni ((bahan utama juga buat umpan))
    - Keju parut (bahan utama juga buat umpan)
    - Telur Bebek / telur ayam kampung 2 s.d 4 btr...(ambil putihnya)
    - deho
    - 2 lembar pandan
    - Kroto (selalu ada, karena ikan mas suka sekali dengan bahan ini)
    - Kinoy (pengeras) bisa menggunakan mie yg di blender menjadi bubuk
    - 2 Susu Dancow/susu murni 1 kotak kecil (bahan utama juga buat umpan)


    Cara membuat :
    1. 1 kotak Kara di masak + sedikit air sampai menggumpal membentuk pasta putih (sampai kelihatan minyaknya) dingginkan
    2. Tepung beras rose brand dicampurkan dengan telur bebek/ayam (putihnya saja)+keju+Kroto (bersihkan dan rebus sebentar jng terlalu lama) + 2 sacet dancow aduk sampai merata
    3. Rebus dengan air deho (dagingnya saja) supaya aroma amisnya hilang
    4. Campurkan bahan 1,2, ditambahkan 2 lembar daun pandan kedalam plastik kiloan dan kukus 1/2 jam saja...dinginkan
    Catatan:
    - Umpan wangi ini kl siap tuk lomba segera campurkan deho (daging yg sudah direbus) dicampurkan dengan kinoy sedikit demi sedikit...dijamin ikan yg suka aroma wangi akan segera menyantapnya...

    Umpan Alternatif tuk daerah Bogor dari Bam Gdar
    (kl umpan lain gak disenggol ikan mas dikarenakan suhu udara di sana dingin dan airnya juga ikut dingin....)

    - Tepung beras Rose brand
    - Susu cair (kl gak ada gak apa2)
    - Kroto super 2 ons (yg putihnya saja)
    - Dancow 1 (satu) sascet
    - Deho (ambil dagingnya)
    - 1 btr telur bebek (ambil kuningnya)
    - 2 butir telur bebek (asin)
    - 1 bks katulampa

    Caranya :
    Tepung beras rose brand di campur dengan 1 sascet dencow + 1 butir kuning telur + susu cair di aduk menjadi satu + deho dagingnya saja
    Siapkan kroto super direbus sebentar (jng semuanya) dan dicampurkan dlm adonan tadi dan di kukud selama 1/2 jam
    Bila umpan telah siap...campurkan kroto super sisa td dan ditambahkan katulampa sedikit demi sedikit...

    Catatan :
    Kuning telur asin disiapkan dan bikin 2 umpan...kl ikan mas kurang makan campurkan kuning telur asin and siap straike...

    Umpan murah-meriah Dari bam gdar

    kalau air engak mengalir and umpan yg sedikit murah nich ak kasih yah...mudah2an resep ini berguna

    1. Kroto 1 ons (cari yg putihnya and direbus sebentar dan tiriskan airnya)
    2. Susu Dancow 1 sascet
    3. Putih telur bebek 2 btr
    4. Pelet putih 1 plastik kecil
    5. Deho (ambil 1/2 dagingnya dan kukus sebentar)
    6. Pengeras ( kinoy) 1 plastik kecil

    Bahan2 diatas dicampurkan (1 s.d 4) and dikukus 1/2 jam dan dinginkan...setelah mau lomba or mau mancing campurkan deho yg telah dikukus and campurkan kinoy sedikit demi sedikit...umpan siap saji... cocok buat kolam yg airnya gak mengalir...ok mudah2an umpan ini bisa membantu...!!
    kedot is offline 

  1. Umpan Mas BEI No.3

    Umpan Babon KTI
    ½ ons ranjungan
    75 gr keju
    2 butir kuning telor asin
    2 ml essence coffenoir
    2 ml essence sirsak
    1 bgks pa ikin biru
    Weisjman secukupnya

    Cara membuat:
    Kukus ranjungan dengan weisman ±1 jam
    Setelah dingin, campur semua bahan sampai kalis dan lembut.

    Hasil Babon 7,2 kg di pemancingan KTI Ciputat Nominasi ke-2.

    Umpan Mas BEI No.4

    Umpan Prestasi KTI - 19 Nov. 06
    Juara 3 Total 13kg+, super 4,2kg dan juara 1&3 di Pemancingan Bumi Putera Betawi, Ciledug
    Juara 1 dan prestasi ke 2 di ragunan, total ikan 86 ekor di Cinangka, dll

    Bahan:
    6 butir Kuning telor bebek
    4 sachet vanili bubuk
    2 ons kroto super (yg putih, kecil)
    2 kotak kara kecil
    2 sachet dencow bubuk
    2 sdm madu asli
    2 kaleng Tuna Deho
    1 sdm butter weisjman
    ¼ kotak keju kraft
    Air panas 150 ml (untuk mengencerkan susu)
    4 bungkus katulampa (pengeras)


    Cara membuat:

    * Mixer kuning telor sampe lembut (seperti membuat kue)
    * Masukkan vanilli, madu, weisjman, kara, dencows yang telah di cairkan dengan air panas, kemudian parutkan keju.
    * Turunkan kecepatan mixer, setelah rata aduk kroto yang telah di rendam dengan air panas.
    * Kukus umpan selama ±45 menit, masukkan umpan pada saat air sudah mendidih.
    * Pada saat umpan akan di pakai, haluskan deho dan campur dengan master umpan, sesuaikan kekerasa umpan dengan katulampa.

    Umpan siap digunakan.

    Umpan Mas BEI No.5

    Umpan setengah ngelet

    Bahan:
    1 bh umpan ikin biru
    1 kaleng deho
    1 bks katulampa (new)
    1 kinoy (pengeras)
    2 buah ubi
    Keju Wisjman
    2 btr kuning telor asin
    1 ons Kroto

    Cara membuat:
    - Campur semua bahan jadi satu, kecuali kroto cukup di siram dengan panas
    - Pada saat mau di pakai, gulung umpan dengan kroto

    Rekor Juara 1 (Pemancingan Herry Zibrut SMP 11) pada hari minggu tanggal 5 Ferbuari 2006 di lapak 19)

    Umpan Mas BEI No.6

    Bahan:
    2 tongkol jagung manis
    1 sd makan Wijsman
    Aroma pandan secukupnya (1 lbr daun pandan)
    1 buah ubi
    1 kaleng tuna (deho)
    2 btr telor asin
    50 gr keju
    Kinoy (pengeras)
    1 ons kroto

    Cara membuat:
    - blender/ulek sampai halus jagung
    - aduk jadi satu jagung, wisjman dan daun pandan
    - kukus sampai matang
    - kemudian campur semua bahan jadi satu, kecuali kroto
    - kroto cukup rendam dengan air panas, dan campurkan pada saat umpan mau dipakai.

    Rekor Juara 1 (Pemancingan Herry Zibrut SMP 11) pada hari minggu tanggal 12 Ferbuari 2006 di lapak 12).

    Umpan Mas BEI No.8

    Bahan:
    Tuna deho 1 kaleng
    Kroto 2 ons
    Weijsman 1 sdm
    Dancow 2 sachet
    Tombro new 1 sachet
    Telor bebek 2 btr
    Daun pandan

    Cara membuat:
    Semua bahan, kecuali daun pandan di blender atau di campur pakai mixer. Setelah kalis, masukan dalam kantong plastik 1 kg, tambahkan daun pandan. Kukus (air sudah mendidih saat memasukan umpan), satu jam atau lebih. Tambahkan katulampa untuk pengeras.

    Hasil 2 ekor super dan Juara 2 di Pemancingan Bumi Putra Betawi Empang B

    Umpan mas BEI No.9

    Umpan yang dipakai:
    Ikin 2 bungkus
    Kuning telor bebek 3 buah
    Keju 75 grm
    Kroto 2 ons
    Daun pandan

    Cara membuat:
    Semua bahan di blender, kecuali daun pandan dan kroto di campur manual dengan centong agar telor kroto tidak hancur, kemudian kukus ±1 jam. Pada saat akan dipakai ditambah tombro dan ubi.

    Hasil Juara 4 (di Pemancingan Meta Asri)

    Umpan Mas BEI No.11

    Bahan:
    Deho 1 kaleng
    Ikin 1 bungkus
    Kuning telor bebek 3 buah
    Susu dencow 3 sendok
    Weisjman 1 sdm
    Daun pandan

    Cara membuat:
    Semua haban di campur, kemudian di kukus ±1 jam. Pada saat akan dipakai campur dengan ubi plus pengeras katulampa dan dipulung dengan kroto.

    Hasil: Juara 3 di Pemancingan Jaya, Gondrong, Petir, Tangerang

    Umpan Mas BEI No.12

    Umpan biasa untuk Gaplean

    Bahan:
    1 bungkus pelet aditya
    1 buah telor ayam biasa
    1 kaleng kecil sarden maya (lebih ok lagi kalo ada pindang tongkol, ikan ini beli 5 ribu cukup)
    2 schet vanili
    Air panas

    Cara membuat:
    - Cuci sarden dengan air hingga bumbunya ilang, haluskan
    - Campur semua bahan, sesuaikan kekenyalannya.

    Umpan Mas BEI No.13

    Bahan:
    Keju apel ½ ons
    Santan kara 2 kotak
    Kroto 1 ons
    Tuna deho 1 kaleng
    Kuning telor bebek 3 butir
    Madu 1 sdm
    Jagung 3 buah
    Daun pandan

    Pengeras:
    Ubi dan katulampa

    Cara membuat:
    - Semua bahan di campur dan di belnder, kecuali kroto, kukus ± 1 jam
    - Tambahkan ubi dan katulampa untuk menyesuaikan kekenyalannya.

    Umpan ini biasanya cukup baik untuk di Pemancingan Deplu 74

    Umpan Mas BEI No.14

    1/2 kg Kroto beras
    3 sachet dencow
    1kg putih telor ayam (lumayan kuningnya bisa buat kue)
    2 sachet kara kecil
    3 sdm keju cream (warna putih)
    1 sdm butter weisjman
    2 bungkus indomie (rebus dan haluskan).

    Optional:
    1 kaleng deho

    Cara membuat:
    1. mixer putih telor sampai mengembang
    2. tambahkan berturut-turut, susu, kara, keju cream, butter weisjman
    3. blender mie yg telah di rebus, tambahkan adonan diatas.
    4. campur kroto, dan kukus ± 1 jam dengan pai kecil
    5. jadikan 3 plastik, dan bila mau pakai tambahkan deho 1sdm (tanpa minyak)

  1. Umpan #1 untuk Ikan Mas dari nugro

    Telur Bebek 2 butir
    Tuna Kaleng (DEHO,etc) 1 Kaleng
    Umpan Pak Ikin (special) 1 Bungkus ukuran besar
    Pandan 1 Helai
    Susu Dancow 2 Sachet
    Kroto 1 ons

    Cara:
    Buka kaleng Tuna, hilangkan minyaknya, masukkan dalam blender
    Tambahkan Susu Dancow dan Telor Bebek ke blender
    Blender hingga tercampur rata
    Masukkan adonan dalam panci kecil dan tambahkan pandan kemudian dikukus
    Setelah 1/2 matang, tambahkan umpan pak ikin dan kroto
    kukus lagi selama 10 menit
    dinginkan, dan siap pakai

  1. Umpan #2 untuk Ikan Mas (Mawoootttt) dari Nugro

    Ikan Tenggiri Giling 2 Ons
    Telur Bebek 3 Butir
    Santan Kelapa (Kara/Sun) 1 Kotak Kecil
    Umpan Pak Ikin (special) 2 Bungkus ukuran besar
    Umpan Coan Merah 2 Bungkus
    Susu Dancow 1 Sachet
    Tepung Tapioka 1 Sendok Makan
    Tepung Sagu 2 Sendok Makan
    Tepung Beras 2 Sendok Makan
    Keju 2 Sendok Makan

    Cara:
    Masukkan telor bebek dalam baskom, kocok hingga rata.
    Masukkan Ikan tenggiri, santan, susu, aduk hingga rata
    Masukkan umpan ikin, umpan coan, aduk kembali.
    Tambahkan keju, tepung tapioka, sagu, dan beras, aduk hingga benar2 rata
    Masukkan adonan kedalam plastik2 kecil, kemudian ikat erat dengan karet.
    Siapkan kukusan, dan masukkan adonan dlm plastik tadi setelah air kukusan mendidih
    Kukus selama 30 menit, kemudian dinginkan.
    Umpan siap digunakan.
    Tambahkan kroto pada saat pemakaian.

  2. Umpan kuning jagung ala Saiful FF

    Bahan umpan yg saya gunakan adalah:
    Jagung manis 2 tongkol
    telor bebek 2 butir (pake semuanya)
    katulampa
    tepung maizena 1 sdm
    susu bubuk 3 sdm
    kelamin jambu monyet 10 btr (goreng)
    blueband 1 sdm
    kroto 1 ons
    pandan 2 lbr
    keju seukuran korek api
    essen vanila 3 tts
    deho 1 klg (tnp minyak)

    cara membuat:
    semua bahan blender sampe halus kecuali kroto, katulampa & pandan.
    setelah halus campur dengan kroto aduk perlahan-lahan, kemudian masukan kedalam plastik menjadi dua bagian (satu plastik 1 lbr daun pandan), kukus dengan air mendidih selama 30 menit.
    Saat akan digunakan campur dengan katulampa sebagai pengeras.

  3. Resep untuk ikan mas yang sudah malas makan alias "GARUNG" dari KNS

    Bahan:
    - Ikan mas 1/4 kg
    - Belut 3 ekor
    - 1/4 bungkus Indomie ayam bawang

    Cara:
    Kukus ikan mas dan belut sampe matang.
    Haluskan indomie dan masukan minyaknya.
    Campurkan bahan2 tadi hingga merata.
    Jangan pake essen maupun kroto!!
    Pakai sedikit2/kecil2 (yang penting mata kail tertutup)

  1. Resep umpan si "MADU" dari KNS

    - 2 sendok makan roombutter weijmans
    - Kuning telor bebek 2 butir
    - 1bh susu bantal (bisa pakai susu murni)
    - 3 sendok makan tepung beras rose brand (bisa sagu ato terigu)
    - 100 gram keju
    - 1 gelas santan kelapa kental
    - 150 gram kroto
    bahan tambahan (pada saat mau dipakai);
    - Ikan Salmon (direndam air panas/setengah matang)
    - Kinoi (utk campuran/jaga2 kalo umpan terlalu lembek)

    caranya;
    rebus santan kelapa sampai berbentuk pasta (mengeluarkan minyak) lalu dinginkan. cuci kroto sampai bersih. Kocok dan aduk kuning telur, weijsman, tepung, susu, keju. Campurkan santan kelapa yg sdh jadi pasta. Campurkan kroto, aduk perlahan2 sampai merata. Masukkan dalam plastik campuran2 tadi dan kukus selama 1/2-1 jam. Pada saat umpan mau dipakai, campur dengan ikan salmon 1/2 matang.

    Kalo ikannya kecil2; bisa ditambahkan deho atau ikan mujaer 1/2 matang sampai berbau anyir.


  1. Umpan Beras Ketan Putih dari Lucky Man

    bahannya ;

    1. Deho tuna 1/2 kaleng
    2. susu beruang 7 sendok makan
    3. susu dancow 1 sendok makan
    4. kroto 1ons yang super
    5. 3 sendok makan beras ketan rose brand
    6. 1 sendok teh tepung kanji
    7. 1 btr telor bebek ( di ambil kuningnya 3/4 saja )
    9. daun pandan 6 helai

    Cara buat :

    campurkan susu dancor, beras ketan, dan tepung kanji dan aduk sampe rata, halus kan deho, lalu campur kan adonan tepung tadi, aduk sampe rata, masukan kuning telor, lalu campurkan, lalu masukan susu beruang dan aduk sampe rata, lalu masukan kroto, ramuan di pindah ke piring tahan panas lalu tutup dengan daun pandan lalu di kukus di air panas selama 15 menit

  1. Resep umpan si "MADU";
    - 2 sendok makan roombutter weijmans
    - Kuning telor bebek 2 butir
    - 1bh susu bantal (bisa pakai susu murni)
    - 3 sendok makan tepung beras rose brand (bisa sagu ato terigu)
    - 100 gram keju
    - 1 gelas santan kelapa kental
    - 150 gram kroto
    bahan tambahan (pada saat mau dipakai);
    - Ikan Salmon (direndam air panas/setengah matang)
    - Kinoi (utk campuran/jaga2 kalo umpan terlalu lembek)

    caranya;
    rebus santan kelapa sampai berbentuk pasta (mengeluarkan minyak) lalu dinginkan. cuci kroto sampai bersih. Kocok dan aduk kuning telur, weijsman, tepung, susu, keju. Campurkan santan kelapa yg sdh jadi pasta. Campurkan kroto, aduk perlahan2 sampai merata. Masukkan dalam plastik campuran2 tadi dan kukus selama 1/2-1 jam. Pada saat umpan mau dipakai, campur dengan ikan salmon 1/2 matang.

    Kalo ikannya kecil2; bisa ditambahkan deho atau ikan mujaer 1/2 matang sampai berbau anyir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar