PERALATAN MANCING GALATAMA

Segala sesuatu harus butuh persiapan, bukan begitu kawan??? Mengapa pengetahuan demikian kita rasa perlu? Karena dengan kelengkapan alat pancing kita bisa meminimalisir kekalahan yang terjadi akibat meremehkan factor yang satu ini. Nah berikut apa saja yang menjadi kebutuhan kita sebelum turun ke kolam pancing (maksudnya bukan nyebur lohh..hehehe).
1. Joran
Joran atau beberapa daerah menyebutnya stick adalah perlengkapan utama yang mutlak dimiliki pemancing apalagi yang akan turun sebagai pegalatama. Mancing ikan sistim galatama mengutamakan ketangkasan dan kecepatan dalam menghajar ikan. Semua itu baru akan didapat bila joran yang dipilih mempunyai karakteristik fast taper yang hanya melengkung di sepertiga bagian ujung joran (tip action). Joran seperti ini bertipe medium/M (sedang), medium heavy/MH (sedang~berat) hingga heavy/H (berat). Panjang joran ideal sekitar 5’6″ ~ 6′ atau sekitar 168 ~ 180 cm, bila empang yang sering di tuju jarak antara lapak dan pertengahannya lumayan jauh maka disarankan memilih joran yang panjangnya 180 cm untuk mendapatkan lontaran yang jauh ke tengah empang secara akurat. Joran yang nyaman tentunya yang berjenis spinning rod, yang mendudukan reel spinning di bagian bawah joran. Untuk bahan minimal yang terbuat dari serat karbon untuk peningkatan dapat dipilih joran yang terbuat dari bahan campuran carbon graphite dan polyamide fibre, atau sekalian yang berbahan boron atau kevlar. Spesifikasi daripada joran biasanya tertulis jelas di batang pangkal joran untuk bergalatama ini seperti ukuran joran di atas tadi ditambah mengenai line weight (kelas kenur) antara 6 ~ 15 lb hingga 10 ~ 20 lb dan lure weight ( berat umpan ) tipe M 1/4~3/4 oz, MH 1/4~1 oz dan H 3/8~1 1/2 oz. Kriteria penting lainnya yakni batang joran yang terdiri dari 1 batang (one piece) tanpa sambungan atau 2 batang (two pieces) satu sambungan, joran telescopic atau tipe antena tidak disarankan. Untuk jumlah marit (guides) atau jalur kenur pilih yang mempunyai minimal 5 marit agar beban terbagi rata semakin ringan pada batang joran atau sekalian memilih joran seri Interline dari Daiwa & seri Innerline dari Shimano, yang jalur kenurnya ada pada rongga batang joran sehingga pembagian beban dapat sempurna merata, kenur tidak mudah kusut dan tak cepat aus karena pergesekan kenur dengan jalurnya telah dapat diminimalkan. Contoh joran seperti ini misalnya saja yaitu Daiwa® Procaster® Z Interline™ Rods. Sedangkan yang telah terbukti ketangguhannya yaitu Shimano Speed Master, sayang tak beredar lagi di pasaran, joran two pieces yang berciri gemuk di pangkalnya dan semua maritnya ada di bagian batang joran atasnya. Merek lain seperti ini yang dapat di temui yaitu Golden Fish tipe bantam atau Conato Black Moon. Yang berjenis konvesional yang tangguh dapat dipilih dari beberapa merek terkenal seperti Berkley IM7, Fenwick Iron Claw, Daiwa, Shimano, All Star, G-Loomis dan lainnya, pilihlah yang dianggap ideal dan sesuai kemampuan karena pilihan sepenuhnya pada keputusan pemancing itu sendiri. 

2. Penggulung
Penggulung atau bahasa kerennya Reel yang nyaman digunakan untuk mancing ikan mas sistim galatama adalah spinning reel, yang gulungan kenur atau spulnya terletak terbuka di depan. Cocok dipadukan dengan joran spining. Pilih ril dengan kwalitas terbaik agar awet dan tangguh dalam pemakaiannya. Yang jadi bahan pertimbangan dalam memilih ril penggulung adalah bahannya yang terbuat graphite yang kuat tapi ringan, jumlah bantalan roda (ball bearing) minimal 3 buah, rasio gigi (gear ratio ) minimal 4:1 dan rem spul (drag) yang elemennya baik. Untuk pemilhan letak drag, sebaiknya yang terletak di depan (front drag). Kriteria lengkap mengenai ril penggulung dapat di lihat pada home page Mancing Ikan Mas – Peralatan. Ril penggulung sangat berperan penting dalam mancing, oleh sebab itu harap selektif dalam memilih mana yang cocok dan sesuai untuk yang ingin bergalatama. Contoh ril yang tangguh yaitu Daiwa Tournament SS 700, ril front drag ini memiliki 3 ball bearing dengan gear ratio 4,9:1. Selanjutnya yaitu Shimano Stella, ril ini terhitung mahal karena memiliki 13 ball bearing ditambah 1 roller bearing yang membuat ril ini dapat menggulung dengan mulus karena pergesekan mekanismenya dinetralisir bantalan roda menjadi kecil sekali . Perangkat mancing yang mahal bukanlah bertujuan menaikkan gengsi pemancing melainkan dipandang dari faktor kwalitas dan sangat fungsional. Merek dan tipe lainnya yang juga baik dan cukup ekonomis seperti Shimano seri Ultegra, Biomaster, Twin Power, Symetre & Stradic, Daiwa tipe Emblem, Regal, Golden Fish Hyperspin, Wonder, Mitchell dan lainnya.

3. Kenur
Walaupun terkesan biasa namun Kenur atau tali pancing perlu diperhatikan karena galatama menggunakan rangkaian glosor maka sebaiknya kenur dipilih yang berwarna flourecent (neon) agar mata tetap nyaman memandangi kenur. Warna oranye atau hijau neon yang paling banyak di pakai. Ukuran diameter kenur antara 0,22~0,28 mm, semakin kecil ukurannya semakin baik kepekaannya namun sangat riskan jika harus membetot ikan yang terpancing. Jadi idealnya boleh digunakan yang ukuran 0,28 mm karena cukup aman. Periksa selalu kondisi kenur sebelum berangkat mancing akan kemungkinan kenur tersebut telah aus akibat gesekan atau karena seringnya mendaratkan ikan. Sebaiknya hindari menggunakan kenur bekas yang dibalik karena kenur di bagian bawah penggulung terkadang menjadi keriting, kecuali memang keadaannya darurat karena persediaan habis, harga kenur semakin mahal dan lain sebagainya. Belilah dari merek yang sudah terkenal saja yang terjamin mutunya, beberepa merek diantaranya Berkley, Fenwyck, Maxima, Platypus, Siglon dan lain-lain. Saat ini telah banyak beredar kenur super (braided, multifilament) yang diameter nya sangat kecil pada kekuatan yang besar dibanding monofilament atau kenur yang biasa. Tapi perlu diingat bahwa penggunaannya harap disesuaikan juga pada penggulung dan joran yang disebut super pula, bila tidak maka perangkat joran atau ril itu akan berkurang umur pakainya. Sebagai contoh joran biasa dipadu kenur super, maka joran yang biasanya lengkungannya keras akan menjadi lentur karena tak mampu mengimbangi kenur.

4. Rangkaian Pancing
Sediakan kail yang berbahan carbon rata-rata memakai no 5 atau 6. Sediakan rangkaian kail yang berisi 3 mata kail (ada beberapa pengelola hanya memakai 2 mata kail) sebanyak 10 buah. Kail yang berkarat atau telah tumpul ujungnya jangan dipakai lagi karena bisa mengakibatkan kurang menancap pada rahang ikan (bahasa gaulnya mocel), siapkan yang baru saja. Bila tak dapat membuat sendiri rangkaian pancing, pesan saja pada toko-toko pancing yang menyediakan layanan perangkaian pancing. Boleh juga membeli rangkaian pancing yang sudah jadi , tapi terkadang pemancing kurang puas karena kail terkadang terlalu kecil ukurannya atau kecil tali pengikatnya. Merek kail bermutu yang layak digunakan adalah
VMC Hooks-Vanadium, Eagle Claw, Gamakatsu, Owner, Mustad, Daiichi dan sebagainya. Mintalah yang bergagang pendek untuk mancing empang.

5. Bemper
Tali pandu (leader) yang diberi pemberat dalam galatama disebut bemper. Siapkan di kotak peralatan sebanyak 10 buah. Bemper yang sudah jadi dapat dibeli asalkan ukurannya sesuai dengan yang diijinkan. Atau rangkai saja sendiri, sediakan kenur pengikat kail sepanjang 20 cm, ikat satu ujungnya dengan peniti khusus pancing lalu masukkan timah pemberat dan terakhir ikat ujung yang lain dengan kili-kili (swivel). Gunakan timah pemberat yang ukurannya telah ditentukan dipemancingan yang berbentuk lonjong (tergantung peraturan empang) dengan lubang di tengahnya. Usahakan timah dapat bergeser pada tali.

6. Tatakan Joran
Karena menggunakan rangkaian glosor dan untuk mengamankan joran agar tak tercebur dilarikan ikan, maka pemancing galatama menyiapkan sepasang tatakan/cagak joran (rod rest). Terbuat dari besi stainless dibentuk seperti huruf “Y” dengan tangkai panjang 50 cm. Dapat dibuat sendiri pada tukang las atau membelinya di toko pancing. Dan usahakan pada belakang joran diberi pengait agar ketika umpan disambar ikan, joran tidak melaju ke kolam dan tenggelam. 

7. Bahan Umpan
Umpan memang dapat dibeli di tempat mancing seperti pelet halus, pelet bom dan sebagainya. Namun untuk aroma pewangi (essence) sebaiknya beli di supermarket, pasar atau di toko pancing, agar koleksi aroma menjadi lengkap. Aroma pewangi boleh berupa pasta atau cair, hanya saja yang pasta biasanya akan merubah warna umpan namun terkadang merubah warna umpan diperlukan. Sedang yang cair aromanya lebih kuat dan tahan lama di botolnya serta tak merubah warna umpan. Usahakan kita memiliki aroma pewangi yang lengkap karena biasanya warna, kondisi air, cuaca dan aroma sangat berpengaruh pada tingkat kemanjuran umpan. Beberapa aroma pewangi yang diperlukan untuk koleksi kotak pancing diantaranya yaitu yang berbentuk pasta dan essence, essence sendiri terbagi dua jenis aroma; harum dan amis. Untuk mereknya dan aroma boleh apa saja biasanya aroma vanili, pandan, kopi moka, nangka, durian, pisang ambon, jeruk dan coconut sangat digemari pembeli. Rekomendasi merek essence yang bagus diproduksi Diva dengan aneka aroma, namun kita juga dapat membeli yang tanpa merek atau biasa di sebut biang essence. Untuk aroma amis yang biasa orang koleksi adalah sari laut, tenggiri, udang, dan extrak aroma choya. Oh iya untuk essence dengan wadah botol kaca biasanya harus memakai alat suntik untuk mengambilnya, beberapa tipe wadah lain biasanya dari plastik dapat ditetes (baik dengan bantuan pipet atau pun tipe yang sudah berlobang ujungnya) Lengkapi dan bereksperimenlah dengan kombinasi beberapa aroma (sudah banyak di internet yang memberikan pengalaman kombinasi aroma umpan) 

8. Wadah
Hal yang tak kalah penting namun bukan suatu keharusan adalah dengan memperhatikan wadah penyimpan alat-alat yang kita sebut diatas. Alat untuk menyimpan alat pancing biasanya kita harus memiliki tas khusus pancing (ukuran disesuaikan dengan panjang joran), untuk umpan dapat berupa kantong yang kuat (dianjurkan membeli kotak khusus toolkit box agar essence tidak tumpah dan berantakan), untuk mata kail kita dapat memakai pad dari bahan busa / gabus agar tidak menusuk dan kotak kecik (boleh kotak pensil) untuk mata kail yang belum dirangkai) dan terakhir kain lap pribadi untuk lap tangan agar tidak kotor dan tidak merusak aroma ketika membuat umpan. Untuk perangkat seperti kursi, serokan / jaring untuk mengangkat ikan biasanya sudah disipkan oleh pihak pengelola galatama.
Semua lengkap dan sekarang anda telah siap memancing..berangkaaat… semoga strike dan menang hehehe…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar